foto : stocksnap.io Aku senang karena sekarang aku punya hobi baru yang bisa di kerjakan saat ada waktu luang yaitu hobi ngeblog dan me...

Sepuluh Ribu Jam Terbang

bagai mana cara untuk ahli di satu bidang
foto : stocksnap.io
Aku senang karena sekarang aku punya hobi baru yang bisa di kerjakan saat ada waktu luang yaitu hobi ngeblog dan menggambar! Dulunya aku bukanlah orang yang pandai menggambar, namun sekali di coba-coba, kok kayaknya hasil nya semakin membaik dari hari kehari. dari situ aku termotivasi untuk terus belajar.

badak
Teman ku yang pandai melukis, Faisal. Pernah berkata kalau mau melukis banyakin latihan aja, entar lama-lama biasanya bisa.

“ala bisa karena biasa” peribahasa itu sepertinya sesuai untuk kasus ini. aku makin sering menggambar, terus latihan dan terus latihan. walaupun sekarang belum begitu sempurna, tetapi ada semacam keyakinan suatu saat nanti pasti bisa. *yakin ne yeeee

ustad
Aku jadi ingat pakem nya pak Budi Rahardjo (Dosen Elektro di ITB). Menurut beliau:
"Untuk menjadi seorang pakar (expert) di sebuah bidang, maka dia harus berlatih selama setidaknya 10 tahun. Atau kalau coba cocok-cocokkan, ini setara dengan 10000 kali berlatih"
wah, aku setuju sama pakem pak Budi ini. Kalo pengen ahli nulis, ya buat tulisan sampai 10ribu biji, (walaupun barangkali belum sampai 10ribu uda ahli duluan. hihihi). Kalau mau jago melukis, aku harus berkarya sebanyak 10ribu karya. mampu ngak yah? ah biarlah kita coba saja…
yuk kita gapai 10.000 kali berlatih.

0 komentar: