Sudah berbulan-bulan lamanya tombol Fn untuk mengaktifkan Wifi,di laptop Asus saya tidak berfungsi. sebenarnya bukan hanya tombol Fn wifi s...

Mengatasi Tombol Fn Yang Tidak Berfungsi Di Laptop Asus

Sudah berbulan-bulan lamanya tombol Fn untuk mengaktifkan Wifi,di laptop Asus saya tidak berfungsi. sebenarnya bukan hanya tombol Fn wifi saja, melainkan fn untuk volume Up, Volume down, Mute, Task Manager, Touch Pad off/on, dan beberapa kombinasi tombol fn lainnya. Hanya tombol brightness up/down, numlock, dan sleep yang berfungsi.

Karena tidak terlalu sering saya gunakan, maka fn yang tidak berfungsi itu saya biarkan saja. Sampai pada akhirnya saya harus menghidupkan fungsi Wifi latop karena akan ada pelatihan yang membutuhkan fasilitas wifi ini.

Windows Mobility Center

Dari beberapa artikel di Internet, menyebutkan salah satu cara mengaktifkan wifi adalah lewat Windows Mobility Center (selanjutnya di tulis WMC) dengan menekan bersamaan tombol Windows + X kemudian, pada jendela WMC, icon wifi nya di on-kan jika keadaannya posisi disana sebelumnya off. Saya coba cara ini, tetapi tombol wifi nya mati (tidak bisa di klik sama sekali)

Update dan Instal Driver

Karena icon wifi di windows mobile center  tidak aktif, saya menduga mungkin driver wifi atau driver keyboard nya yang musti di instal ulang. kemudian saya mengunjungi website Asus untuk mengunduh drivernya di  http://support.asus.com. Di situs ini, berbagai driver untuk produk Asus tersedia.
Setelah saya instal driver keyboardnya hasilnya kok sama saja. tombol fn wifi dan beberapa yang lain masih tidak berfungsi. SEBEL EIKE…
Driver udah di instal, tapi kok ngak bisa juga?

MSCONFIG

Dibalik keputus asaan kebingungan terhadap masalah ini, tiba-tiba aja aku teringat sama msconfig. Sekedar informasi saja, msconfig merupakan suatu alat(?) yang di sediakan sama microsoft.

Melalui msconfig kita bisa memodifikasi program apa saja yang dijalankan komputer pada saat starup, kita bisa ngotak-ngatik file konfigurasi, dan menyingkirkan beberapa layanan windows yang tidak kita perlukan sehingga komputer kita bisa lebih cepat.saat booting Bahasan lebih lengkap bisa kamu baca disini :

Dari Microsoft
Dari Wikipedia Bahasa Indonesia
Perlu di ingat untuk kamu yang berniat ngotak ngatik msconfig. Kamu harus tau betul apa yang kamu otak atik di msconfig ini. Karena kalau salah-salah bisa-bisa beberapa fasilitas windows dan beberapa konfigurasi bakalan ngak jalan di komputer kamu.
Kembali kepermasalahan laptop saya yang driver sudah di instal tapi tombol tak berfungsi. Melalui msconfig ini masalah saya terpecahkan (problem solved)  saya akan tuliskan tutorial nya dibawah ini:
  1. Masuk ke MSconfig dengan cara :
  • Pilih Start
  • ketik-kan di kotak pencarian  search program and files “msconfig” tampa tanda petik seperti gambar di bawah.
  • cara-membuka-msconfig
  • nanti (biasanya di urutan paling atas) bakalan muncul “msconfig”. disini klik kanan dan pilih Run As Administrator
  • msconfig
  • maka jendela msconfig-pun akan muncul…
  • jendela-msconfig
  • ingat, dalam kasus dilaptop saya, Saya sudah menginstal driver tetapi driver tidak berjalan. Barangkali, kemarin-kemarin aku pernah mengotak-atik centangan yang ada di TAB SERVICE atau STAR UP. Maka untuk mengembalikan semua itu, di TAB GENERAL pada Starup Selection aku memilih NORMAL STAR UP – load all device drivers and services
  • tekan tombol OK
  • Nanti bakalan keluar perintah untuk merestrart komputer. Ikuti saja
  • setelah semua langkah itu saya kerjakan, saya menekan tombol fn + wireless dan hasilnya adalah…. taraaaaaaaaa …………
  • wireless-berfungsi
  • wifi saya aktif lagi, lebih tepatnya tombol fn laptop saya aktif semuanya.
  • udah, cuma begitu aja….

*UPDATE*

Melihat adanya beberapa pertanyaan dari teman2 via komentar, terlihat sepertinya cara diatas masih belum memberikan solusi sepenuhnya. terimakasih atas feedback nya sehingga saya bisa kembali menuliskan solusi berikutnya...

#Cara 1 (cek apakah driver yang di instal error apa enggak)
klik start > control pane l>hardware and sound > divice manager > buka yang bagian keyboard. 
lihat disitu apakah iconnya bertanda seru atau berwarna kuning? jika iya, itu tandanya driver keyboard bermasalah. solusinya klik kanan pada driver yang bermasalh itu> update driver software> search automatically. nah, windows akan mencari driver yang sesuai buat laptop teman-teman.

Sebelum melakukan saran kedua ini, saya sarankan di screen capture pengaturan awal bawaan dahulu, atau tulis di buku/kertas pengaturan sebelum di ubah2, kalau kamu nanti mendadak bingung setidaknya masih punya backupan. * ya buat jaga2 sih* 

 #Cara 2 (pastikan kamu tidak mengunci atau mendisable ease of access center)
start>control panel>ease of access> change how your keyboard works, maka akan muncul menu "make the keyboard easier to use" kalau ada centang disana, maka hilangkan centang-centang itu (un-centang)

sekarang dihalaman yang sama itu, coba cari kata-kata : "set up filter key" dan centangan disana hapus semua. oke sampai disini dulu. silahkan restart komputer kamu dan lihat apa yang terjadi.


semoga sukses  ! Gambate


Tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman Mengatasi Tombol Fn Yang Tidak Berfungsi Di Laptop Asus saja.
HD Tags: , ,

40 comments:

  1. tapi tombol fn tetep gk bisa fungsi ya gan jika dikombinasikan dengan tombol volume up dan volume down

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kombinasi yang lain bisa gak gan ?

      Delete
    2. gan tombol up down volumeku jga nggak bisa eg

      Delete
    3. tombol up downku jga nggak bisa eg gan

      Delete
  2. Emang nih, tombol fn asus saya masih belom berfungsi, tingkat kecerahan gak bisa diatur, aneh ya, berubah sendiri, padahal gak pernah diubah apapun setting-nya sejak dibeli, udah dicoba cara diatas masih gk berubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. driver udah coba di ganti gan ? coba uninstal dulu driver keyboardnya, kemudian download driver baru di website asus dan instal. pastikan donload driver yang sesuai dengan seri laptop agan ya....

      Delete
    2. Kalo driver keyboard nama drivernya apa gan?soalnya mau coba saya uninstall

      Delete
    3. sorry gak sengaja ke delete. hehehe

      Delete
  3. sama nih kasusnya tombol fn cuma fungsi buat brightness aja, ane buka msconfig tapi posisi centangnya udah di normal. gimana ya ? mohon solusinya gan. nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm....kalo belum bisa dengan cara itu, coba cara yang ini gan.

      #Cara 1 (cek apakah driver yang di instal error apa enggak)
      klik start> control panel>hardware and sound> divice manager > buka yang bagian keyboard. lihat disitu apakah iconnya bertanda seru atau berwarna kuning? jika iya, itu tandanya driver keyboard bermasalah. solusinya klik kanan pada driver yang bermasalh itu> update driver software> search automatically.

      ini ada dua cara lagi, tapi lebih baik saya update saja tulisan ini, supaya tambah referensi. baca bagian akhir tulisan ini ya gan...

      nuhun...

      Delete
    2. Di icon keyboardnya ga ada tanda kuning/seru gan, normal. Ada alternatif lain kah?

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  4. wah kok masih tidak berfungsi ???

    ReplyDelete
  5. Saya masih ngga bisa tombol fn f2 (wifi) f10 & f11 (suara) itu masih blom berfungsi juga gimana ya mas bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ane copas dari komentar pengunjung blog ini yang ada di bawah gan (anonymous) semoga ini bekerja di laptop agan...


      "coba yang ini
      Klik start menu yang ada di pojok kiri bawah
      di pencarian, Anda masukkan jalur C:\Program Files (x86)\ASUS\ATK Package\ATK Hotkey

      Anda akan menemukan HControl.exe atau hotkeyservice klik
      Setelah klik HControl.exe memang tidak terjadi apa-apa, tetapi beberapa tombol keyboard FN yang dikombinasikan dengan tombol F2, F5, F6, F10, F11, dan F12, atau yang tidak berfungsi, sekarang sudah bisa dan berfungsi lagi seperti biasa
      saya coba cara di atas dan berhasil."

      Delete
  6. gan apa ada pengaruh sama windows nya, kmaren pas ane beli baru aman jaya, pas ane pindah ke win 7, tiba2 gak bisa, pas ane pindah ke win 8 kembali tiba2 bisa...... apa ada hubngan nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. barangkali ada pengaturan administrator yang berbeda atau driver yang gak jalan gan. btw, laptop ane make win 7

      Delete
  7. coba yang ini
    Klik start menu yang ada di pojok kiri bawah
    di pencarian, Anda masukkan jalur C:\Program Files (x86)\ASUS\ATK Package\ATK Hotkey

    Anda akan menemukan HControl.exe atau hotkeyservice klik
    Setelah klik HControl.exe memang tidak terjadi apa-apa, tetapi beberapa tombol keyboard FN yang dikombinasikan dengan tombol F2, F5, F6, F10, F11, dan F12, atau yang tidak berfungsi, sekarang sudah bisa dan berfungsi lagi seperti biasa
    saya coba cara di atas dan berhasil.

    ReplyDelete
  8. Bro kok di laptop gw (asus rog) lampu kroma keyboardnya kgk nyala dah, udah nyoba fn + f4 tapi tetep kgk bisa.. gimana lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda uninstal driver keyboard nya bro? terus instal ulang dkeyboard...

      Delete
    2. sama gan, ada yg bisa bantu, cari driver keyboardnya juga gak ada di asus nya, ane pake g73sw .....
      kalo ada yg punya linknya tolong bantu share ya

      Delete
    3. Iya ya gan, Ane ngecek di sini :http://www.asus.com/Notebooks/ROG-G73SW/HelpDesk_Download/

      Kagak ada. Tapi itu yang windws 7 sih...

      Delete
  9. Minta code prodok ultimate 7 please

    ReplyDelete
  10. Wah.....

    Template mas sama kayak template saya yang dulu, tapi sekarang sudah saya ganti. -inovatorsblog.blogspot.com-

    ReplyDelete
  11. gabisa, startup nya tetap kembali ke selective startup padahal udah diubah ke normal

    ReplyDelete
  12. mantap djiwa udah bisa gan pakek yg msconfig

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaf divva gan... Btw, agan pasti kakuser ya?

      Delete
    2. mas kalo punya saya knp ya kalo waktu nyalain pertama gak jalan touchpadnya kalo di restart jadi bagus normal touchpadnya kira2 apanya ya terima kasih

      Delete
    3. Agan bisa coba uninstal driver toucpad nya dan instal ulang driver touchpad baru gan. Di web asus biasanya ad disesikan

      Delete
  13. *typo disesikan : disediakan

    ReplyDelete
  14. Wa ikut cara nih work,kunjungi web nih https://www.asus.com/id/support/faq/1015071 lalu download driverny tidak apa-apa kalau tidak sesuai OS anda,lalu install sperti biasa.Setelah itu disuruh restart,stelah restart dah work..mgkin segitu aj,sekian terima kasih

    ReplyDelete
  15. bang kalao touch pad laptop tidak bisa di klick tapi padahal bisa di geser dan kalau di restat kembali bisa di kick itu kenapa mohon solusi

    ReplyDelete